Pengurus LDII DIY Masa Bakti 2021-2026 Resmi Dikukuhkan

SLEMAN (19/12) – Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LDII DIY masa bakti 2021-2026 secara resmi dikukuhkan di Gedung Serbaguna LDII, Maguwoharjo, Sleman melalui penyerahan Surat Keputusan (SK) Kepengurusan. Pengukuhan ini merupakan tindak lanjut hasil Musyawarah Wilayah (Muswil) VII DPW LDII DIY yang mengamanatkan kelengkapan struktur kepengurusan.

Acara dihelat secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan, serta dihadiri 50 orang pengurus yang terdiri dari Dewan Penasihat, Ketua, Pengurus Harian DPW LDII DIY, serta para Ketua dan Anggota Biro.

Pada kesempatan ini, setiap Biro diberi waktu untuk memberikan paparan, yaitu Biro Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan; Biro Pendidikan Keagamaan dan Dakwah; Biro Pendidikan Umum dan Pelatihan; Biro Pengabdian Masyarakat; Biro Pemuda, Kepanduan, Olahraga, dan Seni Budaya; Biro Hubungan Antar Lembaga; Biro Komunikasi, Informasi, dan Media; Biro Litbang, IPTEK, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup; Biro Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat; Biro Hukum dan Hak Asasi Manusia; Biro Teknologi Informasi dan Aplikasi Telematika; serta Biro Pemberdayaan Perempuan, dan Kesejahteraan Keluarga.

Drs. H. Sudiyarto, M.Acc., Ketua Dewan Penasihat DPW LDII DIY, menyampaikan bahwa tugas pengurus organisasi adalah bekerja sama, bukan sama-sama bekerja. “Bekerja sama mengandung makna bahwa dalam setiap langkah organisasi, masing-masing pengurus harus mengedepankan musyawarah,” ungkapnya.

Perubahan merupakan sebuah keniscayaan. Dengan berjalannya waktu, tantangan zaman senantiasa berubah. Keputusan organisasi yang relevan untuk tahun lalu, belum tentu cocok diterapkan saat ini. “Apabila sebuah keputusan sudah tidak sesuai dengan kondisi masyarakat, maka dibutuhkan keputusan baru lagi,” tuturnya.

Selanjutnya Sudiyarto menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada para Pengurus Harian yang meliputi Ketua dan Wakil Ketua, Sekretaris dan Wakil Sekretaris, serta Bendahara dan Wakil Bendahara. Sedangkan, SK Biro diserahkan secara simbolis kepada 12 Ketua Biro.

LDII DIY
Ketua DPW LDII DIY Atus Syahbudin saat memberikan sambutan dalam pengukuhan pengurus DPW LDII DIY, Minggu (19/12/2021)

Sementara Ketua DPW LDII DIY dalam sambutannya berpesan agar selalu bisa beradaptasi dengan perubahan zaman. “Baik manusia, tanaman, hewan maupun organisasi, yang paling bisa bertahan lama adalah yang bisa beradaptasi,” tegas Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D. Ia juga menjabarkan bahwa dalam setiap adaptasi harus bisa melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada. Hal ini sering dikenal sebagai SWOT analysis (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats).

Strengths (kekuatan) yang dimiliki Provinsi DIY adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang berpendidikan. Hal ini sesuai dengan julukan yang disematkan, Kota Pelajar. Namun, kondisi ini sekaligus bisa menjadi weaknesses (kelemahan), karena tidak semua SDM adalah warga asli Yogyakarta. “Mari, setiap biro harus membuat rencana kerja 5 tahunan sesuai dengan tuntutan dan perkembangan keadaan,” ajak Atus.

Menutup pesannya, Atus menegaskan kembali agar para pengurus baru menghargai peran para pendahulu organisasi. “Pada dasarnya, apapun yang ada sekarang ini berkat jasa dari orang-orang sebelumnya. Bismillah, kita bisa memulai dengan optimis dan semoga lebih baik daripada sebelumnya,” tandasnya.

About admin

Check Also

LDII BSI

Tindak Lanjut MoU, LDII Terima Kunjungan BSI Sleman

Sleman (18/6) – Pengurus LDII Kabupaten Sleman menerima kunjungan dari Bank Syariah Indonesia (BSI) cabang …

One comment

  1. BarokaAlloohu

Leave a Reply

Your email address will not be published.