Sejumlah Tokoh di DIY Apresiasi Sedekah Sampah Akbar LDII

Sedekah Sampah Akbar LDII
Ketua DPW LDII DIY Atus Syahbudin (baju hijau) didampingi Lurah Murtigading Bambang Triyanto (tengah) pada kegiatan Sedekah Sampah Akbar di Ponpes Al-Barokah Kranggan, Murtigading, Sanden, Bantul, Minggu (17/9/2023).

Yogyakarta (17/9) – DPW LDII DIY melalui Pemuda LDII DIY bergerak dalam aksi nyata mengatasi darurat sampah di DIY. Usai melaunching Jugangan Ing Omah (Jugangin Om) beberapa waktu lalu, kini dihelat “Sedekah Sampah Akbar” berbasis masjid serentak se-DIY, Minggu (17/9/2023).

Ketua DPW LDII DIY Ir. Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D., IPU., mengatakan bank sampah berbasis masjid tersebut akan turut mengurangi kiriman sampah ke TPA Piyungan. Diketahui, LDII DIY menjalankan empat program amal saleh, yakni: Dari Sampah Jadi Jariyah (2022), Dai Program Kampung Iklim (ProKlim), Kiai Peduli Sampah, dan Jugangan Ing Omah (Jugangin Om).

“Pada kegiatan Sedekah Sampah Akbar, karakter cinta lingkungan pun terbentuk berkat Kiai Peduli Sampah,” ujar Atus.

Terpantau, beberapa lokasi yang menjadi titik Sedekah Sampah Akbar di masing-masing kabupaten/kota se-DIY di antaranya Ponpes Al-Barokah Kranggan, Ponpes Nur Aisyah Pulokadang, PPM Grha Cendekia, dan semua masjid di bawah naungan DPD LDII Sleman.

Saat berkunjung di Ponpes Al-Barokah Kranggan, Murtigading, Sanden, Bantul, Atus memaparkan bahwa kegiatan Sedekah Sampah Akbar dilaksanakan dalam rangka membantu program pemerintah dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Program Kampung Iklim (ProKlim) dan membantu Pemda DIY dalam mengatasi masalah sampah.

“Sampah diharapkan bukan lagi menjadi hal kotor namun bisa menghasilkan uang,” kata Atus yang pernah aktif sebagai Dewan Shuura Muslim Student Association in Japan (MSAJ) 2012.

Lebih lanjut Atus memaparkan filosofi kegiatan Sedekah Sampah Akbar. “Bahwa kegiatan tersebut dapat menjadi amal jariyah, kami mengajak berbuat kebaikan, mereka mengikuti, yang nantinya amal itu akan dibawa sampai kita meninggal,” imbuhnya.

Dosen Kehutanan UGM ini menambahkan filosofi selanjutnya pada kegiatan Sedekah Sampah Akbar adalah membentuk karakter cinta lingkungan, “Juga untuk menyukseskan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LDII pada November mendatang,” pungkas Atus.

Pada kesempatan itu, Lurah Murtigading Drs. Bambang Triyanto, M.Pd. mengapresiasi kegiatan Sedekah Sampah Akbar LDII. “Terima kasih kepada LDII Sanden, khususnya Murtigading, program Sedekah Sampah Akbar sangat sejalan dengan program pemerintah yakni Bantul Bebas Sampah 2025,” ungkapnya.

Di samping itu, melalui pesan whatsApp, beberapa tokoh di DIY juga turut mengapresiasi kegiatan Sedekah Sampah Akbar LDII.

“Bagus itu,” kata Ketua MUI DIY Prof. Dr. KH. Machasin, MA.

“Wa’alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh Baarokallooh, nderek bingah, semoga Allooh subhaanahu wa ta’aalaa menerima amal ibadah kita dan mengampuni segala dosa dan kesalahan kita dan membimbing kita ke Jalan yang lurus jalan yang diridhoi Nya bukan jalan yang tersesat dan bukan pula jalan yang dimurkaiNya Aamiiiiin. Matur Nuwun Ketua LDII DIY Mas Prof Atus Syahbudin,” kata Wakil Sekretaris PW DMI DIY Mulyanto, S.Pd., M.Psi.

“Waalaikumsalam, aamiin semoga mendapat keberkahan,” kata Kasi Sosial, Budaya, dan Kemasyarakatan Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi DIY Amrizal Fahmy, S.H.

“Mantap Pak,” kata Darmo, S.Hut., MT., dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Jawa.

Check Also

LDII Gamping

Dorong Pribadi Profesional Religius, Remaja Putri LDII Gamping Diajak Kenali Karakter Diri

Sleman (3/6) – Bimbingan konseling adalah proses interaksi antara konselor dengan konseli baik secara langsung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *